Cerita Untuk Mu.....

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by Unknown - - 0 komentar

TAPAK SUCI, Didirikan pada 31 Juli 1963 di kampung Kauman, Yogyakarta. Keilmuannya terdiri dari pembinaan ragawi dan non-ragawi, termasuk Al Islam dan Ke-Muhammadiyah-an. Motto dari TAPAK SUCI adalah "Dengan Iman dan Akhlaq saya menjadi kuat, tanpa Iman dan Akhlaq saya menjadi lemah". Perguruan Pencak Silat TAPAK SUCI, merupakan perguruan pencak silat terbesar diindonesia Tapak yang telah berkembang pesat. baik itu dikota-kota besar maupun di daerah-daerah terpencil, bahkan didunia pada saat ini. Tapak Suci memiliki banyak sekali atlit-atlit yang mampu bersaing dalam setiap kejuaran baik nasional maupun internasional.

besarnya tapak suci mampu memerahkan kabupaten Rokan Hilir.

LAHIRNYA TAPAK SUCI DI ROKAN HILIR.

Rokan Hilir merupakan salah satu kabupaten terbaik di Propinsi Riau. Sumber daya alam yang melimpah menjadikan cirri kas Rokan Hilir. Rokan hilir memiliki banyak memiliki banyak sekali keunggulan baik itu sumber daya alamnya ataupun sumber daya manusianya, bakat-bakat yang terpendam menjadi modal utama untuk melaju kepada piramida keagungan. Begitu juga bakat-bakat dibidang olah raga.

Singkat cerita. Di sebelah utara kota rokan hilir terdapat sebuah kecamatan bernama Bangko Pusako, BALAM, disana ada sebuat sekolah islam swasta yang berdiri sudah sanagat lama. yaitu MTs Ikhlasiyah, yang terletak tepatnya di Km. 15 bangko bakti.

Pada awal tahun ajaran baru 2003/2004 MTs ikhlasiyah kedatangan seorang kariawan baru asal kota medan. Dia bekerja sebagai guru di ikhlasiyah. Namanya Rustam Efendi Lubis. Rustam adalah seorang guru bahasa arab sekaligus merangkap sebagai guru Olahraga di MTs Ikhlasiyah, setelah beberapa bulan mengajar di ikhlasiyah rustam merasakan ada bakat khusus siswa/I disekolah yang sederhana itu. dia memiliki filing bahwa sekolah tersebut memiliki potensi besar untuk meraih prestasi, khususnya di bidang Olahraga, akhirnya timbulah niat yang kuat dari Rustam untuk merubah sekolah tua itu menjadi sekolah yang unggul dan berpertasi dibidang keolahragaan.

pencak silat menjadi pilihan utama olehnya, rustam berniat bahwa pencak silat akan menjadi roda untuk motor prestasi ikhlasiyah.

Tapak Suci, kunci prestasi

Rustam adalah kader Tapak Suci dari Kota Medan, pada waktu itu rustam masih menduduki tingkatan sebagai Kader Dasar. Tingkatan kader sudah dasar sudah cukup baginya untuk memerahkan ikhlasiyah dengan prestasi.

Akhirnya pada bulan November dibuatlah Formulir-Formulir pendaftaran. Yang waktu itu pendaftaran yang ia lakukan menggunakan system glombang. Pada gelombang pertama, sungguh tidak disangka dan tidak diduga sekolah yang hanya 3 ruang kelas itu memberikan apresiasi yang besar Subhanallah. pendaftaran pertama menjadi modal untuk memotivasinya dalam mengajar pencak silat, paling tidak timbul rasa semangat dalam diri rustam. Pada pendaftaran pertama ini alhadullah banyak siswa/I yang ikut dan menjadi murid pertama Rustam ada sekitar 50 siswa yang mendaftar, kemudia berkelang satu minggu setelah pendaftaran pertama, lalu diadakan kembali pendaftaran gelombang ke 2 (dua), namun pada pendaftaran ke 2 ini tidak begitu banyak siswa/I yang mendaftar dibandingkan dengan gelombang pertama tadi.

"DENGAN IMAN DAN AKHLAK" pada 14 desember 2003, LAHIRLAH PERGURUAN PENCAK SILAT TAPAK SUCI Rokan Hilir, di bawah seorang kader tapak suci dari kota medan yang "Rustam Effendi Lubis”.

Memang tak semudah menggoreskan pena pada kertas, perjalanan Taapak suci rokan hilir melewati waktu-waktu yang berat. Para siswa/I yang meluntur menjadi saksi perjalanan tapak suci rokan hilir. Namun Beruntunglah rustam telah memiliki beberapa siswa/I yang tetap konsisten dalam mengejar prestasi.

Awal tahun 2005 para siswa/I tapak suci kurang dari 20 orang. Namun siswa/I tersebut telah tertanam niat yang besar untuk meraih prestasi. Kemudian mereka para siswa/I tapak suci beranggapan “kita semua adalah saudara”.

Inilah yang menjadi modal utama rustam untuk terus semangat mengajarkan keilmuan-keilmuan pencak silat tapak suci.

Dimulainya Prestasi Tapak Suci Rokan Hilir

Sebenarnya prestasi pencak silat tapak suci secara tidak formal sudah lama terjadi, yaitu dengan adannya pertandingan-pertandingan persahabatan dengan perguruan tapak suci dikabupaten lain. Salah satunya kabupaten bengkalis, yang keberadaanya sudah jauh ada sebelum tapak suci rokan hilir. Namun masalah kehebatan dalam bertanding tapak suci rokan hilir terakui oleh tapak suci bengkalis, yang dibuktikan dengan banyaknya pemenang dari pihak tapak suci rokan hilir dalam pertandingan persahabatan di duri bengkalis.

Pada tahun 2006 Akhirnya tapak suci rokan hilir mampu menciptakan atlit-atlit handal di bawah naungan rustam dan telah menunjukan kesuksesannya dalam melatih siswa/I ikhlasiyah, kesuksesan tapak suci rokan hilir ini terlihat pada ikut sertanya tapak suci dalam kejuaranan pencak silat tingkat daerah di rokan hilir.

POPDA 2006.

Pada POPDA ini tapak suci rokan hilir hanya mengirimkan 9 atlit pencak silat, yang terdiri dari 5 putra dan 4 putri yang mewakili kecamatan Bangko Pusako, dengan sangat luar biasa tapak suci rokan hilir mampu menjadi juara Umum pencak silat dalam kejuaraan daerah se kabupaten rokan hilir, dengan peraihan mendali 6 mendalai emas dan 3 mendalai perak.

Selanjutnya diteruskan pada POPDA propinsi walaupun mendapatkan hasil yang kurang memuaskan, pada waktu itu perwakilan tapak suci rokan hilir dalam ajang kejuaraan tingkat propinsi hanya mampu memberikan sumbangan mendalai perunggu yang diraih oleh : Muhammad Sholihin.

Namun keberuntungan tapak suci rokan hilir tidak sampai disitu. Buktinya 3 siswa tapak suci rokan hilir mendapatkan pelatihan dalam PPLP pencak silat yang diselenggarakan oleh dispora rokan hilir. Yang jumlah pesertanya terbanyak dari pada perguruan silat lain.

Dan masih banyak sekali prestasi-prestasi yang diraih oleh tapak suci rokan hilir, dan sekarang tapak suci rokan hilir juga dapat menciptakan kader-kader baru yang propesional. yang dapat mengembangkan ke setiap daerah-daerah yang ada di rokan hilir. Diantaranya adalah:

1. Muhammad sholihin (Pelatih di kecamatan Rimba Melintang, 2008/2009 )

2. Ricko (Pelatih di kecamatan tanah putih sedingginan 2007/sekarang)

3. Nurul hidayat/eka dwi sayutra (Pelatih di kecamatan bangko pusako, 2008/2009)

4. Muhammad Ridwan (Pelatih di kecamatan bagan sinembah, 2008/sekarang)

5. Ali said (Pelatih di kecamatan bangko, 2008/2009)

6. Dan masih ada yang lainnya.

Masing-masing dari mereka telah menumbuhkan atlit-atlit tangguh dan propesional, serta berkat kerja keras dan ketangguhan mereka telah tumbuh kader-kader baru, sebagai regenerasi kader-kader tapak suci rokan hilir terdahulu. samapai sekarang tapak suci rokan hilir dapat bersaing di ajang kejuaraan. baik itu kejuaraan daerah maupun nasional.

Itulah segelincir sejarah lahirnya tapak suci Rokan hilir, yang dibawa oleh seorang kader dasar dari medan Rustam effendi Lubis. Dan menjadi bukti bahwa perjuangan yang dilakukan selama bertahun-tahun tidak sia-sia.

Tetap lah maju dan terus raih prestasi sampai ketingkat dunia TAPAK SUCI ROKAN HILIR......!!!

Disusun Oleh: Muhammad Sholihin

Kader Dasar Tapak Suci



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

Leave a Reply